Tips Mencegah dan Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona




COVID-19 adalah sebuah sebuah virus mematikan yang bisa menginfeksi sistem pernapasan pada tubuh manusia. Virus ini pertama kali ditemukan pada negara China tepatnya yaitu di Kota Wuhan pada akhir bulan Desember 2019.
                Virus yang ganas ini sangat cepat menular kepada setiap orang yang melakukan kontak langsung pada orang yang sudah terinfeksi oleh virus Corona ini. Virus ini disebabkan oleh orang yang memakan makanan Hewan Kelelawar dan Interaksi langsung manusia dengan hewan (pada saat di wuhan). Dengan sangat cepatnya virus ini menyebar ke beberapa wilayah di China dan sampai saat ini sudah menyebar ke 199 Negara di dunia.

@hady_wardana

                Virus yang mematikan ini dapat dicegah dengan cara mencuci tangan sesering mungkin dan hindari kerumunan orang-orang banyak. Tidak hanya itu, virus ini dapat diantisipasi dengan cara #DiRumahAja sesuai dengan anjuran Pemerintah Republik Indonesia.
                Tetap jaga kesehatan, jaga Pola Makan Sehat Bergizi. Sudah dihimbau oleh pemerintah agar tidak keluar rumah agar bisa memutus rantai penyebaran virus corona ini masih ada saja warga yang tidak mematuhi kebijakan ini, padahal ini demi kebaikan bersama agar korban yang terinfeksi dari Covid-19 ini tidak semain bertambah banyak.

                Korban Coronavirus saat ini sudah mencapai 3,512 Positif, 282 Sembuh, dan 306 Orang yang Meninggal Dunia, (per tanggal 10 April 2020). Untuk itu perlu kesadaran dari semua warga masyarakat indonesia agar tetap dirumah: Bekerja dari Rumah, Ibadah dari Rumah, dan juga Belajar dari Rumah. Gejala dari virus ini antaralain salah satunya jika mengalami Sesak Nafas, Batuk dan Pilek, Sakit Tenggorokan, Mata Merah. Ingat!
                Virus ini tidak hanya menyerang pada orang tua, namun juga menyerang anak muda yang sistem kekebalan imun tubuhnya sangat kuat tidak seperti orang tua.



Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona agar tidak menyerang tubuh kita :



1. Terapkan kebiasaan mencuci tangan sesering mungkin sangatlah sulit jika belum terbiasa, tapi kita juga harus berusaha agar pandemi virus corona ini segera berakhir, terutama diindonesia. Mencuci tangan dengan air mengalir serta menggunakan sabun yang ada bisa menghambat penyebaran virus corona ini. Hal yang sangat mudah bukan? maka dari itu ayo cuci tangan dengan sabun sesering munkin.

2. Gunakan Hand Sanitizer sebagai pengganti jika tidak ada sabun untuk cuci tangan. Penggunakan Hand Sanitizer ini juga dapat meminimalisir petumbuhan kuman yang menempel pada tangan manusia, untuk cara penggunaanya sendiri adalah dengan cara menyemprot tangan kita dengan Hand Sanitizer secukupnya.

3. Anjuran untuk Physical Distancing oleh pemerintah, physical distancing adalah kita harus menjaga jarak dengan orang lain yang ada disekitar kita dengan minimal jaraknya adalah 2 meter, lakukan hal ini jika tidak ingin covid19 ini menyebar luas di lingkungan sekitar anda.

4. Gunakan Masker kekita berada diluar rumah, sesuai dengan perintah WHO (World Health Organization) agar semua orang yang sehat maupun yang sakit agar menggunakan masker jika keluar dari rumah. Masker yang digunakan orang-oran biasa adalah jenis Masker Kain, dan sedangkan masker untuk  masker N95 dan masker yang berwarna hijau itu digunakan oleh tenaga Medis.

5. Berjemur dibawah mMtahari Pagi, berjemur juga bisa menangkal virus agar tidak bisa masuk kedalam tubuh manusia. Cara berjemurnya adalah pada pagi hari sekitar jam 8 sampai jam 10, berjemur minimal 15 menit dalam satu hari dan lakukan setiap hari agar tubuh tetap mendapatkan vitamin D yang cukup untuk tubuh.


                Kesimpulanya adalah virus ini sangat mematikan jika orang yang terinfeksi tidak segera dilakukan perawatan medis dirumah sakit, tidak sedikit korban di negara kita bahkan di dunia. Semakin banyak orang yang tidak mematuhi peraturan pemerintah tentang apa-apa saja yang tidak diperbolehkan maka mungkin saja semakin banyak korban yang bertambah.
                Untuk itu marilah kita sama-sama agar tidak keluar rumah sementara ini sampai wabah virus corona benar-benar menghilang. Jika merasa anda tidak enak badan atau sedang sakit, segera pergi ke Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit agar bisa cepat sembuh setelah berobat.

Post a Comment

0 Comments